Life - Wagubsu Meminangkan Puteri Aceh Buat Putera Sulung



Pagi itu; Minggu 27 September 2020, Arji panggilan akrab Musa Arjianshah putera sulung Wakil Gubsu Musa Rajekshah, melangkah gagah di Aceh Room, Hermes Palace, Banda Aceh, yang diubah sesuai protokol kesehatan Anti Covid19, didominasi warna putih lembut. 

Wagubsu didampingi istri memimpin lamaran tentu membawa Juru Bicara Adat, didampingi Gubsu Edy Rahmayadi, Ketua KONI Sumut Jon Ismadi Lubis, abanganda H.Ajibshah, H.Kodratshah dan keluarga besar Shah mengiringi Arji. Tentu saja ditutup di belakang dengan barisan pagar ayu nan cantik jelita. 

"Sang Pangeran" hari ini melamar pujaan hati yang sudah dikenal sejak sembilan tahun lalu. Puteri berdarah Aceh anak kedua dari pasangan Drs.Marzuki Ali Basyah MM dan Oktavia Irawati yang dilamar Arji bernama Chiquitita Qinthar Azura. 

Qinthar, sapaan gadis elok rupawan nan ramah tamah ini, tampak tenang dan teduh. 


[Setenang papa Qinthar, Om Juki sapaan akrab Marzuki, saat (dan tetap setia) dalam posisi sebagai Sweeper mendapati nyaris seluruh pasukan trailnya "down mental" karena dehidrasi di track kejam Gunung Simbolon Simalungun, suatu malam di tahun 2012. Sabar dan taktis Om Juki membangkitkan spirit pasukannya, sampai semuanya selamat turun dari gunung ke Raya Simalungun. 

Hanya aku yang berjalan kaki selama empat jam sendirian menembus pekat malam di jalan setapak meliuk berlumpur di punggung Gunung Simbolon. Aku berani dan semangat sebab aku yakin Sweeper Om Juki ada di buntut pasukan. Leadernya tak diragukan. Apalagi ada Captaint Track Napit99, Fahrizal, Kenjiro, spiritku berjalan begitu kuat walau sampai finish track aku pingsan selama 30 menit.] 

Qinthar tetap fokus berbicara kepada anggota keluarganya, personil EO, yang berkepentingan dalam acara itu. 

Qinthar si Ramah Tamah ini selalu menyinggungkan senyum manis yang berbicara padanya, meski Qinthar tak mampu menyembunyikan degup jantungnya. Ini bukan momen seremonial belaka.

Hari ini adalah putaran jam bersejarah dalam hidupnya, meski sudah mengenal Arji selama sembilan tahun namun hari ini Arji hadir sebagai Sang Pangeran yang akan mengikat hatinya untuk dibawa ke akad nikah 1 Januari 2021. Pemuda idamannya akan melamarnya. Tentu amat sangat istimewa hingga Qinthar berhak untuk berdegup jantung menggemuruhkan dada. 

Petuah adat istiadat serta doa Islami pun bergema di Aceh Room, HermesPalace, Banda Aceh, seolah membungkus jantung Arji dan Qinthar. Subhanallah!

Alhamdulillah lamaran Arji berubah jadi ikatan. Niat suci sudah terbentang dan bersambut ikhlas atas dasar Kasih Sayang Allah SWT. 

Papa Arji; H.Musa Rajekshah Wakil Gubernur Sumatera Utara, pun bersuka cita. Beberapa foto diupload Bang Ijeck panggilan akrabnya, di akun instaagramnya. Bang Ijeck menulis caption:

"Hari ini kami hantarkan putra sulung kami,Musa Arjianshah,untuk meminang pujaan hatinya di Banda Aceh.
Haru bercampur bahagia karena ini adalah pengalaman pertama bagi kami.
Rasanya baru kemarin anak kami ini, saya gendong gendong,tak terasa ia sudah tumbuh dewasa.
Sekarang, kami hantarkan anak tertua kami ini untuk menjemput jodohnya untuk selanjutnya ia membina keluarga di waktu mendatang.

Pertemuan dan jodoh sesungguhnya adalah milik Allah Swt. Ini adalah langkah awal sebelum sampai ke akad pernikahan.
"Mohon doanya saudara saudaraku semua, mohon doanya agar kiranya apa yang sudah kami rencanakan bisa berjalan lancar sampai hari H. Semoga nantinya anak kami ini,bisa membina keluarga yang sakinah,mawaddah,warrahmah,semoga Allah melindungi kita semua,Aamiin"

Drs.Marzuki Ali Basyah MM, papa Qinthar, alias Om Juki yang dikenal sangat tenang dalam situasi apapun, tampak menyemburatkan haru berbahagia. 

"Sebagai manusia biasa kami sangat terharu atas lamaran ini. Dibilang pertemuan mereka singkat tidak juga, karena mereka menjalin persahabatan  sejak masih awal SMP hingga selesai sarjana. kurang lebih sembilan tahun,"ungkap Om Juki dengan sorot mata berbinar. 

Om Juki dalam acara itu, selain keluarga besar, juga didampingi para sahabat di antaranya dari Kabupaten Asahan Anda Suhendra Rambe SH, Harris ST, dan Faisal Rawa. 

"Memang orang tua mana tidak bahagia melihat anaknya sudah dipinang dan menuju jenjang selanjutnya di 1 januari  2021 nanti.

Semoga kita dapat menjaga anak masing masing hingga lancar menuju mahligai rumah yg selama ini mereka cit citakan dan kira sebagai orang tua mendukung penuh dan memohon doa selalu,"lanjut Om Juki. 

Allah SWT meridhoi, membimbing dan selalu melindungi. Aamiin Allahumma Aamiin

Catatan: Nurkarim Nehe,SE,MSP