Sport - Haris ST: Atlet Asahan Harus Ke Olympiade

Haris ST: Atlet Asahan Harus Ke Olympiade



Agustina M Manik,SPd mengalungkan medali perunggu 800m kepada Haris ST setelah mengalungkan medali perak 1500m Seagames kepada Nurkarim Nehe SE,MSP di Bandara Kuala Namu saat Agustina tiba dari Jakarta sepulang dari Sea Games Manila 2019.


Ketua Umum Terpilih KONI Asahan 2020-2024 Haris ST memaparkan tekad yang harus direalisasikan jajaran Olahraga Prestasi mendorong atlet Asahan ke event Olympiade.

Haris ST menjabat Waketum Bidang Program dan Anggaran KONI Asahan periode 2011-2015 dan 2015-2019 ini terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Asahan periode 2020-2024 dalam Musorkab IV Asahan Sabtu 21 Desember 2019 menggantikan pendahulunya Nurkarim Nehe,SE,MSP.

Nurkarim Nehe SE,MSP mengakhiri dua periode pengabdiannya sebagai Ketua KONI Asahan mendapatkan apresiasi dari KONI Sumut dan KONI Kabupaten Kota se Sumut yang tiba di Kisaran Jumat 20 Desember 2019 untuk melaksanakan Friendly Games Sepakbola versus Forkopimda Asahan Plus sebagai event pelepasan masa bhakti Nehe.

Penerima Penghargaan Tokoh Penggerak Sepakbola Sumut dari Gubsu H Syamsul Arifin SE tahun 2009, Tokoh Pembina Olahraga Sumut dari Gubsu HT Erri Nuradi tahun 2015 dan Tokoh Pembina Olahraga Sumut dari Gubsu Edy Rahmayadi tahun 2019 ini semakin terharu dengan kehadiran Agustina Mardika Manik mengajak Nehe Warming Up sebelum turun tanding.


Setelah Nehe melakukan gerak pemanasan, Agustina mengajak Nehe jogging keliling lapangan sepakbola. "Bapak harus kuat dan tetap sehat. Ayo pak!"tukas Manik alumni PKO Unimed Medan ini.

Nehe mengikutinya dengan enjoy. "Selain Manik, saya didampingi Mentri PPA Sehari 2016 Budi Santoso mahasiswa semester 5 UIN Jakarta. Keduanya simbol betapa banyaknya anak Asahan berprestasi nasionalndan internasional apalagi lebih banyak lagi yang berpotensi untuk dikembangkan,"cetus Nehe. Budi Santoso warga Sijabut Airbatu Asahan.

1.Prestasi Puncak SEA GAMES Agustina M Manik.

"Jika KONI 2011-2015 dan 2015-2019 di bawah kepemimpinan Nurkarim Nehe mendorong Agustina Mardika Manik meraih medali di Sea Games, selanjutnya harus lebih baik lagi yakni berprestasi di Asian Games sampai Olympiade," ujarnya di hadapan peserta Musorkab Asahan ke 4 tahun 2019 dan utusan resmi KONI Sumut Drs.M.Syahrir dan Sahat RH Panggabean S.Sos Sabtu (21/12).

Pelari Agustina Mardika Manik asal kecamatan Bandar Pasir Mandoge meraih medali perak nomor 1500m dan medali perunggu nomor 800m Sea Games Manila 2019.

Manik juga tampil di Asian Games 2018 di Jakarta namun belum berhasil meraih medali. Atlet Hoki Putri dari kecamatan Mandoge Masriana Sirait tercatat masuk pemain inti Timnas Hoki indoor Putri Sea Games 2017 Kuala Lumpur dan Timnas Hoki Indoor Asian Games 2018 Jakarta.



2.Prestasi Menanjak.

Menurut catatan di KONI Asahan, prestasi Asahan menanjak sejak PON 2012 ke PON 2016 Jabar dan Papua 2020 dilihat dari jumlah atlet Asahan memperkuat Kontingen Sumut. "Di PON 2016 atlet kita 15, untuk PON 2020 Papua 20 atlet. Naik 30 persen,"ungkap Ketua Harian KONI Asahan 2015-2019 yang kemudian terpilih sebagai Ketua Umum KONI Asahan 2020-2024.

Haris menjabat Waketum KONI Asahan 2011-2015 dan 2015-2019 dihunjuk Nehe sebagai Ketua Harian sejak tahun 2016. Haris praktis sudah menjalankan tugas tugas Ketua Umum karena kesibukan Nehe sebagai dosen dan jurnalis, oleh sebab itu seluruh cabang olahraga mempercayai Haris memimpin KONI Asahan empat tahun ke depan.

 "Raihan medali di Porpropsu naik 35 persen di Porpropsu 2014 kemudian naik 120 persen di Porpropsu 2019. Prestasi yang terus menanjak ini didukung jajaran olahraga prestasi Asahan dan Pemkab Asahan sehingga saya optimis ke depan akan semakin lebih baik lagi,"tandas Haris mantan pesepakbola dan gemar berolahraga Tenis Meja serta Catur ini.


3.Membangun Pondasi Prestasi Asahan.


Bupati Asahan Surya mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan KONI Asahan yang dipimpin Nurkarim Nehe  dua periode (2011-2015 dan 2015-2019) , karena telah membangun pondasi prestasi atlet hingga ke ajang internasional. 


Hal itu disampaikannya saat membuka Musorkab ke-4 KONI Asahan di Pendodpo Rumah Dinas Bupati Asahan, Sabtu (21/12). Surya menegaskan bahwa kepengurusan KONI dibawah pimpinan Nurkarim Nehe dikenal mempunyai komitmen yang kuat dan solit, hal itu terbukti dengan peraihan prestasi yang dicapai atlet Cabor, baik itu ditingkat regional, nasional, hingga internasional, seperti Agustina Mardika Manik (Peraih perak di Cabor Atletik No 1.500 M dan perunggu  No 800 M) di Sea Games Manila 2019.

"Nurkarim Nehe mampu meletakkan pondasi prestasi kejayaan Asahan, dengan rentetan prestasi. Hal itu menunjukkan kesungguhan dalam mengurus organisasi dengan kerja keras," jelas Surya. 

Oleh sebab itu, Surya berharap ketua KONI selanjutnya bisa lebih baik lagi, dengan merumuskan kebijakan yang benar, tepat sasaran dan berkelanjutan untuk membangun prestasi olahraga di Asahan di masa yang akan datang. 

"Saya yakin dan percaya, siapapun ketua KONI Asahan yang terpilih nanti akan menjadikan prestasi olahraga di Asahan lebih baik lagi," jelas Surya. 

Sedangkan Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, mengatakan Musorkab KONI Asahan ini merupakan terbesar untuk tingkat kabupaten/kota, karena digelar di Pendodpo Rumah Dinas, dan semua Cabor serta pengurus hadir, hal ini membuktikan bahwa KONI dapat bersinergi dengan pemerintah dalam membangun prestasi olahraga. Oleh sebab itu atas nama KONI Sumut mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Asahan karena telah peduli dengan olahraga.

John juga mengatakan pada 2020 ini KONI mempunyai tugas yang cukup berat, karena di samping persiapan atlet untuk PON 2020 Papua, disiapkan atlet pemula untuk PON 2024. 

"Siapapun pengganti Nurkarim Nehe kita berharap bisa bersinergi dengan pemerintah dalam membina atlet untuk melahirkan prestasi," jelas John. 

John juga mengharapkan Musorkab ini berjalan baik dengan mengutamakan mufakat. Demokrasi itu dikenal dengan pertarungan, namun dalam hal ini biarkan pertarungan itu di gelanggang pertandingan saja. 

"Karena musyawarah dengan mufakat bisa menghasilkan kepengurusan yang solid, yang nantinya akan mengembangkan olahraga menjadi lebih baik," jelas John.

Hadir dalam Musrokab ke-4 KONI Asahan Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu, Kadisporapar M Andry Simatupang, Perwakilan Kodim 0208/As, Yonif 126/KC, dan para undangan.
*Waspada Senin 23 Desember 2019.


Foto Waspada.
Bupati Asahan Surya , didampingi  Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua KONI Asahan Periode 2015-2019 Nurkarim Nehe,  Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu, foto bersama dengan perwakilan peserta Musorkab ke-4 KONI Asahan 2019.

4.Pola Bapak Asuh.
KONI Asahan sejak tahun 2011 mulai menerapkan Pola Bapak Asuh antara lain pejabat elit Forkopimda membina satu atau beberapa cabang olahraga.

"Ke depan kita gerakkan dunia usaha ikut sebagai Bapak Asuh," tukas Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu SIK,MH Bapak Asuh beberapa Cabor dan spontan disuppport Bupati Asahan H.Surya BSc di sela pelaksanaan Musorkab IV Asahan.*tim.