Agustina Dari Mandoge Lentur Raih Emas Porwil Sumatera
Agustina Mardika Manik dan Ketua Umum KONI Asahan Nurkarim Nehe selebrasi atas medali emas yang diraih putri Asahan dari Mandoge ini usai UPP nomor lari 800m Porwil Sumatera di Stadion Semarak Bengkulu Kamis (7/11). Foto Mon Gabe/Analisa

Agustina Mardika Manik atlet Asahan yang saat ini berstatus atlet Pelatnas SEA Games 2019 Manila berhasil mengemban missi beratnya di Porwil Sumatera Kamis 7 November 2019.

Tina yang tidak diperkenankan berlomba allout dalam Porwil Sumatera membela Kontingen Sumatera Utara mampu meraih medali emas. Catatan waktu 2;15.14. 

Aprilia Kartina (Sumatera Barat) rapat di belakang Tina dengan catatan waktu 2;19.15, perunggu juga diraih atlet Sumut Nurainun Perangin-angin dengan catatan waktu 2;20.18. Tina berhasil menakar "power" yang harus digunakannya sebab tugas utamanya tahun ini adalah Sea Games Manila di nomor 800m,1500m dan estafet 4x100.

Harian Waspada Online melaporkan, pelari putri Agustina Mardika Manik menyumbangkan medali emas kedelapan dari cabor atletik kepada Kontingen Sumatera Utara pada Porwil X Se Sumatera.

Atlet asal Asahan yang sedang mengikuti Pelatnas SEA Games 2019 itu mendulang emas dari nomor andalannya 800m pada final di Stadion Semarak Sawah Lebar Bengkulu, Kamis (7/11) sore.

Mendapat support langsung dari Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis dan Sekum Chairul Azmi Hutasuhut, Ketua Kontingen Agung Sunarno, Ketua KONI Asahan Nurkarim Nehe dan anggota kontingen Sumut, Agustina tampil enjoy sepanjang perlombaan.

  Dia finis paling depan dengan catatan waktu 2;15.14. Medali perak untuk Aprilia Kartina (Sumatera Barat)2;19.15, perunggu juga diraih atlet Sumut Nurainun Perangin-angin dengan catatan waktu 2;20.18.

Sumut juga meraih dua medali perak masing-masing disumbangkan atlet asal Asahan Syafwan Hafiz dari nomor Lompat Tinggi. Pada lomba ini, peraih medali emas, perak dan perunggu sama-sama memiliki lompatan terbaik 2 meter.

Namun karena atlet Riau M Hariadi Hidayat mencapai lompatan tersebut di kesempatan pertama, maka dia berhak mendapat medali emas. Syafwan baru melakukan lompatan 2m di kesempatan ketiga, sehingga harus puas dengan medali perak. Perunggu untuk M Arie Desman (Sumbar) yang juga mencapai lompatan 2 m, namun di kesempatan kelima atau terakhir.

Satu medali perak Sumut lainnya disumbangkan M Syahrial dari nomor tolak peluru dengan tolakan sejauh 13.99m. Medali emas nomor ini diraih Ifles Babel, sementara perunggu Rizki Putra (Sumbar) 13.39m.

Tambahan satu medali emas, dua perak dan satu perunggu bagi Sumut di lomba kemarin, menjadikan atletik Sumut saat ini sudah mengantongi 8 medali emas 4 perak dan 8 perunggu. 

Cabor atletik akan menyelesaikan lomba Jumat (8/11) pagi, mempertandingkan nomor marathon putra dan putri. Sumut hanya turun di nomor putra, mengandalkan   Firton Lumbantoruan yang sebelumnya menyumbangkan medali perunggu lari 10.000m.

Bulutangkis 5 Semifinal

Secara umum Kontingen Sumut sementara ini mendulang 14 emas, 9 perak dan 15 perunggu, bersaing dengan Bangka Belitung untuk menduduki peringkat tiga besar.

Potensi tambahan medali emas Sumut masih terbuka pada beberapa cabor di antaranya bulutangkis perorangan, tinju, biliar dan voli putra.

Untuk cabor bulutangkis yang menyelesaikan pertandingan perempatfinal di Gor Universitas Bengkulu, Kamis (7/11) malam, Sumut lolos untuk lima nomor pertandingan di babak semifinal.
Ganda campuran M Robby Darwis dan Yulfira Barkah yang akan mengawali perjuangan di semifinal. Robby/Yulfira menjajal pasangan Lampung Arya Andi Saputra/Syalsabila Vahira Irmawan di Lapangan 2, Jumat (8/11) pagi mulai pkl 0830 WIB.

Empat nomor semifinal Sumut lainnyia atas nama ganda putri Sekar Dyah Ayu/Shanda Amaliza dan Yulfira Barkah/Lisa Anjeli serta tunggal putra Enzi Shafira dan Arya Kusuma. 

Lengkapnya lihat artikel asli:

https://waspada.id/agustina-sumbang-emas-ke-8-atletik


Artikel Terkait