Ketua Umum KONI Sumut Jon Ismadi Lubis dan Ketua KONI Asahan Nurkarim Nehe SE,MSP mengapit Pretty Sihite peraih medali emas lari 5000m Porwil Sumetera di Bengkulu sebagai ajang Pra PON 2020. Foto Analisa.


Safwan Hafiz atlet Asahan yang dinyatakan lolos ke PON 2020 lewat POMNAS 2019  untuk nomor Lompat Tinggi Putra dengan lompatan 2 meter akan menguji kemampuan di nomor LOMPAT JAUH Kamis 7 November 2019 dalam Porwil Sumatera di Bengkulu sebagai Pra Kualifikasi PON 2020. Safwan juga memperkuat nomor estafet 4x100meter putra.

Saat POMNAS 2019 Safwan Hafiz belum mencapai limitnya hanya beberapa sentimeter akan berjuang di Porwil Sumatera agar lolos ke PON 2020 di nomor Lompat Jauh Putra.

Sedangkan seniornya Agustina Mardika Manik yang berstatus sebagai atlet Pelatnas Sea Games mengemban missi yang berat. Pertama, Agustina hanya diperbolehkan turun di satu nomor lomba yakni lari 800m yang seharusnya juga di nomor  lari1500m dan estafet.

"Oleh pusat hanya boleh turun di satu nomor dan tak boleh allout. SEA Games Manila sudah dekat,"katanya.

Padahal Agustina harus mempersembahkan medali emas bagi Sumut di Porwil Sumatera ini melengkapi kedigjayaan Atletik Sumut.

Sampai Rabu 6 Nopember 2019 Atletik Sumut peringkat atas Porwil Sumatera di Bengkulu yang akan berakhir 9 Nopember 2019.

Harian Waspada Medan edisi online melaporkan "Setelah dua medali emas dan dua perak panjat tebing, cabor atletik melengkapi kegembiraan Kontingen Sumatera Utara dengan raihan tiga emas dan dua perak Porwil X Bengkulu.

Dari arena bulutangkis, regu putra Sumut juga berpeluang menambah perbendaharaan emas pasca sukses mencapai final dengan menggunduli Sumatera Selatan 3-0 pada semifinal di Gor Universitas Bengkulu, Selasa (5/11) malam.

Panen emas pada perlombaan hari ketiga atletik di Stadion Semarak Sawah Lebar Bengkulu, Selasa (5/11), membuat Tim Atletik Sumut sementara memimpin perolehan medali dengan kemasan enam emas.

Sri Astuti mengawali perolehan medali emas Atletik Sumut dari nomor lempar lembing putri, dengan lemparan sejauh 44,60m. Emas kedua disumbangkan M Kahairuddin Syahputra setelah ia memenangi lari 400m gawang putra dengan catatan waktu 53,61 detik dan meraih tiket PON XX/2020. Prety Sihite menjadi penyumbang medali emas ketiga setelah memenangi nomor spesialisnya 5000m putrid dengan catatan waktu 18 menit 34,5 detik.

Dua medali perak Sumut dipersembahkan Berman Halasan Siahaan dari  nomor lari 5000m putra dengan catatan waktku 15 menit 29,14 detik, serta Nurainun Perangin-angin dari nomor 400m lari gawang putri dengan waktu 1 menit 04,10 detik.

Di nomor lontar martil putra, atlet muda masa depan  Pramoedya Syahputra memang gagal menyumbang medali karena  menduduki peringkat keempat. Namun ia lolos ke PON karena lemparannya 49,09m melampaui limit PON 49.00m.  

Manajer Atletik Sumut AKBP Parluatan Siregar beserta Tim Pelatih yakni Joseph Lummy, Lilik Herianto, Sinung Nugroho, Jaman Ginting serta Suziyanto bersyukur dan gembira dengan capaian anak didiknya.

Parluatan bahkan menyebutkan, atletik Sumut sesungguhnya bisa menjadi juara umum jika tidak ada pembatasan nomor tanding bagi atlet asal Pelatnas SEA Games 2019. 

“Kalaulah empat atlet Sumut yang di Pelatnas (Prety Sihite, Agustina Manik, M Hafiz dan Welman D Pasaribu) bisa bermain lebih satu nomor, kita optimis bisa menjadi juara umum,” kata Parluatan.

Atletik Sumut, tambahnya masih berpeluang menambah medali emas karena Doddy Sihombing dan Agustina Manik masih belum berlomba. Sumut juga mencoba meraih medali dari nomor estafet.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis didampingi Sekum Chairul Azmi Hutasuhut serta Ketua Kontingen Prof Dr Agung Sunarno menyambut gembira pencapaian atletik Sumut. 

  Selain saat ini sudah meraih enam emas, dua perak dan lima perunggu, atletik Sumut juga sudah meloloskan lima atlet ke PON 2020 Papua melalui ajang Porwil X. Total jumlah atlet atletik yang meraih tiket PON berarti menjadi 15 orang."

Lengkapnya:

https://waspada.id/atletik-sumut-sudah-6-emas-aceh-2

Atlet Nasional asal Asahan Agustina Mardika Manik dan Safwan Hafiz berlatih di sela pelaksanaan Porwil Sumatera di Bengkulu


Artikel Terkait