Health - Perempuan Sadar Vagina

Perempuan Sadar Vagina 



Salah satu penyebab tingginya kematian di kalangan perempuan adalah kanker serviks, untuk itu kebersihan vagina harus terawat dengan baik.

Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh SIP menyatakan hal itu dalam kata sambutan pada acara Sosialisasi Inspirasi Sehat Perempuan Sadar Vagina, Kamis (16/1) di aula Makodim 0208 Asahan.


Hadir Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu SIK,MH dan jajaran, pejabat Pemkab Asahan, jajaran Persit KCK XXXV Dim 0208, TP PKK Asahan, Ketua Bhayangkari Asahan.

Narasumber Dr. Inge Satyo Arianto founder PSV mengungkapkan kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. 

"Umumnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar. Dalam banyak kasus, kanker serviks terkait dengan infeksi menular seksual,"paparnya.

Serviks adalah bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Salah satu fungsi serviks adalah memproduksi lendir atau mukus. Lendir membantu menyalurkan sperma dari vagina ke rahim saat berhubungan seksual. Selain itu, serviks juga akan menutup saat kehamilan untuk menjaga janin tetap di rahim, dan akan melebar atau membuka saat proses persalinan berlangsung. Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara. 

Berdasarkan penelitian yang dirilis WHO pada tahun 2014, lebih dari 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh penyakit kanker. 

Dari jumlah tersebut, 10% terjadi karena kanker serviks di mana Kementerian Kesehatan RI menyatakan 15000 kasus kanker serviks setiap tahunnya di Indonesia.?rl^nun