100 Persen Lebih Medali Asahan Porprovsu 2019

100 Persen Lebih Medali Asahan Porprovsu 2019

100 Persen Lebih Medali Asahan Porprovsu 2019

100 Persen Lebih Medali Asahan Porprovsu 2019

Penaikan bendera Kabupaten Asahan dalamUPP nomor lari 800m, medali emas atasnama Agustina Mardika Manik dari Asahan. Haris ST (pinggir), Ketua Kontingen Asahan Anda S.Rambe SH, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Kadispora Sumut H.Baharuddin Siagian, pengurus KONI Asahan dan Sumut, stadion atletik Unimed Kamis (27/6) sore.

Kontingen Asahan dalam perolehan medali Porprovsu 2019 sudah melampaui 100 persen jika dibanding capaian tahun 2014 lalu.

Hingga Jumat (28/6) pagi raihan medali yang dikantongi Asahan menurut catatan tim kontingen sebanyak 19 emas 8 perak dan 14 perunggu.


Sementara itu, pada Porprovsu 2014 lalu Asahan hanya meraih 8 emas, 4 perak dan 20 perunggu serta berada diperingkat ke enam dalam total raihan medali.


"Perolehan medali sampai malam ini melampaui 100 persen dibanding 2014. Kita tidak mempersoalkan lagi mau peringkat berapa, karena target rasional peringkat 5 sepertinya sudah aman tercapai," kata Ketua Harian KONI Asahan Haris ST selaku Kordinator Pengawas Kontingen saat ditemui di Medan, Jumat (28/6) pagi.


Dikatakan Haris, ini merupakan kerja keras cabor cabor yang aktif di Pelatkab Asahan pimpinan Zainal Arifin SP, termasuk coach, guru olahraga dan pihak sekolah serta orangtua atlet.


"Terimakasih khusus kepada para atlet yang mengikhlaskan dirinya untuk berprestasi. Hakikatnya KONI Asahan sebagai perpanjangan tangan Pemkab Asahan dalam pembangunan prestasi olahraga adalah mendorong dan membimbing atlet sebagai objek sekaligus subjek pembangunan olahraga prestasi di mana para cabor berperan sebagai instrumen tehnisnya," jelas Haris


Zainal Arifin SP yang juga selaku Waketum Bidang Prestasi menambahkan, di Porprovsu 2019 kontingen Asahan mengikuti 13 cabang dari 14 cabang Porprovsu, selain drumband. Total cabor di KONI Asahan 27. 13 cabor non Porpropsu juga berjaya di Kejurdasu. Artinya hampir seluruh cabor mempunyai grafik bagus sepanjang empat tahun terakhir.


"Melihat hasil ini walaupun belum final, bisa dikatakan upaya pembinaan prestasi olahraga berjenjang sampai pada pelatkab berjalan sesuai dengan konsep yang sudah dirumuskan," ujarnya.


Anda S Rambe, ketua kontingen Asahan menyebutkan Jumat sore ini beberapa cabor masih berpeluang mendulang medali di antaranya atletik pada nomor lompat jangkit 200 meter putra dan final perebutan emas pada volly putri.

"Artinya masih ada harapan untuk mendulang medali lagi," sebut Anda.

Sampai Jumat 28 Juni 2019 pagi total Medali Asahan 40 Medali:

*19 Medali Emas*
Karate / K Perorangan Putri 55 Kg
Atletik / 100 meter putri
Atletik / 400 meter putri
Atletik / lompat jauh putra
Pencak Silat / Beregu putra
Pencak Silat / Beregu putri
Pencak Silat / kelas B putri
Pencak Silat / kelas G putra
Tinju / 56 Kg putra
Sepakbola
Bulutangkis / ganda putra
Binaraga / 80 kg
Binaraga / 65 kg
Atletik / lompat tinggi putra
Atletik / lari 800 meter putri
Billiard / single bola 9 putra
Atletik / 4X100 meter estafet putri
Tinju / 46 kg putra
Atletik/Lompat Jangkit Putri.

*7 Medali Perak*
Atletik / Lompat jauh
Pencak Silat / tunggal putra
Pencak Silat / putra kelas H
Pencak Silat / tunggal putrid
Catur / Klasik putra U.60
Cabor Gulat/ Gaya Bebas putri 57 kg
Atletik/Lompat Jangkit Puteri.

*14 Medali Perunggu*
Taekwondo / Under 54kg Putra
Taekwondo / Poomsae Single Putri
Taekwondo / Under 80 kg putra
Karate / Kata beregu putri
Karate / K Perorangan Putra -67kg
Karate / K Perorangan Putra -75kg
Karate / Kumite beregu putri
Tenis Meja / Tunggal Putri
Tenis Meja / Ganda Putri
Atletik / Lompat Jauh
Tinju / 81kg putra
Pencak silat / kelas F Putra 70-75
Bulutangkis / Tunggal putri
Bulutangkis / Ganda campuran.

"Target masuk 5 Besar agaknya akan dicapai. Namun sudah terjadi lonjakan perolehan medali 100 persen lebih dari Porprovsu yang meraih 8 medali emas," ujar Anda S Rambe.

*Perdana Ramadhan