Ada Apa Dengan Jerman?

Ada Apa Dengan Jerman?

Ada Apa Dengan Jerman?

Ada Apa Dengan Jerman ?

Ini menjadi pertanyaan para pecinta sepakbola, menyusul kekalahan Jerman 0-2 atas tim yang sudah angkat koper terlebih dulu dari arena Piala Dunia 2018, Korsel.

Sementara di pertandingan lain, Swedia sukses menjungkalkan Meksiko dengan skor meyakinkan 3-0. Kemenangan Swedia hanya menyisakan duka dan berandai-andai saja bagi Jerman.

Seandainya Jerman mampu menghentikan perlawanan Korsel dengan 1-0 saja sudah cukup untuk mengantarkan Jerman maju ke babak berikutnya bersama Swedia yang di luar dugaan mampu menjinakkan Meksiko.

Fenomena kekalahan Jerman ini mengulang beberapa kejadian sebelumnya, dimana tim yang bertindak sebagai juara bertahan di gelaran PD sebelumnya, langsung gugur di fase grup pada gelaran berikutnya.

Prancis juara PD1998, langsung gugur di fase grup pada PD 2002.
Italia juara PD 2006, langsung gugur di fase grup pada PD 2010.
Spanyol juara PD 2010 langsung gugur di fase grup pada PD 2014.
Jerman juara PD 2014 langsung gugur di fase grup pada PD 2018.

Kandasnya Jerman di PD 2018 seolah mengukuhkan fenomena "sial 40 tahunan" di mana Panser kandas di penyisihan Piala Dunia 1978 dan PD 1938.

Kekalahan Jerman memang sangat di luar dugaan, apalagi oleh tim wakil Asia, yang pada dua pertandingan sebelumnya belum memperoleh poin.

Yang jelas Korea bermain tanpa beban tersulut spiritnya menorehkan prestasi atas juara bertahan sekaligus memberi keleluasan bagi skuad untuk "memaksa" lirikan mata bursa transfer pesepakbola Eropa.

Pada PD 2014 Brazil , Jerman bahkan tampil perkasa. Sebelum mengkandaskan Argentina di final dengan skor tipis 1-0, di semifinal Jerman menghajar tuan rumah Brazil dengan skor cukup meyakinkan 7-1.

Selamat jalan dan selamat beristirahat Jerman, sambil menunggu gelaran PD 2022.

Dengan demikian di grup E, Brazil menduduki puncak klasemen, disusul Swiss. Sementara di grup F, Swedia tampil sebagai pemuncak grup, disusul tim yang mengambil keuntungan atas kekalahan Jerman, yaitu Meksiko.

Pada laga knock out berikutnya Brazil akan menghadapi Meksiko dan Swiss akan bertemu dengan Swedia. Tim-tim yang lolos dari grup E dan Grup F, akan menunggu tim-tim yg akan lolos dari grup G dan grup H, yang masih akan memainkan laga terakhir grup malam ini dan dini hari nanti.

Grup H , pukul 21.00 wib :
Jepang vs Polandia
Senegal vs Kolombia.
Grup G, pukul 01.00 wib :
Inggris vs Belgia
Panama vs Tunisia

Adakah kejutan berikutnya...?


*Bachtiar Dewantara, Depok.
(Bersambung....)