Anak Muda Buka Lapangan Kerja

Anak Muda Buka Lapangan Kerja

Anak Muda Buka Lapangan Kerja

Anak Muda Buka Lapangan Kerja


Alfian Pamungkas Sakawiguna
Foto money.id
Alfian Pamungkas Sakawiguna, Wirausahawan sukses di usia muda dalam bidang TI; CEO Idcloudhost yaitu Perusahaan Web Hosting dan Infrastuktur Data Centre. money.id


Di era industri 4.0 ini sangat disayangkan jika kaum muda gaptek alias gagap teknologi.

Kaum muda tidak boleh Gaptek agar mampu masuk dan menguasai teknologi informasi sebagai jantung era industri 4.0.

Di zaman yang serba modern dan instan ini seharusnya anak muda penerus bangsa berpikir kritis dan menuangkan ide-ide yang dimiliki demi kemajuan potensi diri sendiri maupun khalayak.

Ada banyak yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah jadi Wirausahawan Melalui Teknologi Informasi. Jika dilakukan dengan bersemangat, real, dan terarah tentunya ini sangat menguntungkan dan membuka peluang kerja bagi orang lain.

Apa sih Teknologi Informasi (TI)?

Dilansir Wikipedia Teknologi Informasi (TI) atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information Technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan atau menyebarkan informasi.

Sudah jelas bahwa Teknologi Informasi merupakan suatu wadah yang dapat membuat ataupun menghasilkan suatu informasi. Informasi tentunya sangat dibutuhkan bagi setiap orang demi kelangsungan hidup pribadi maupun kelompok.

Lalu apakah hubungan wurausahawan dengan Teknologi Informasi? Wirausahawan adalah orang sedangkan Teknologi Informasi adalah wadah. Maka jika digabungkan akan menghasilkan keuntungan dan sukses. Untuk mencapai goals serta mendapatkan keuntungan dan menjadi sukses ada beberapa upaya yang harus dilakukan.

Grace D Geoloni dalam artikelnya yang berjudul "Peluang Usaha Di Bidang TI" ada beberapa upaya yaitu :

1. Ide
Ide yang dimiliki seorang wirausahawan dapat berasal dari berbagai sumber. Ide yang dimiliki menjadi tolak ukur wirausahawan dalam memulai usahanya.

2. Konsep Usaha.
Ada baiknya memiliki konsep usaha berdasarkan ide yang dimiliki agar mempunyai usaha yang lebih terstruktur dan terencana. Selain itu dengan adanya konsep usaha ini agar mampu bersaing dengan wirausahawan lain yang bergerak dalan bidang yang sama.

3. Pengembangan Rencana Usaha.
Seorang wirausahawan harus siap menerima laba-rugi. Dalam menyusun rencana usaha seorang wirausahawan harus memiliki perbedaan dalam membuat rincian usaha.

4. Implementasi Rencana Usaha
Penerapan ini untuk menjalankan kegiatan usaha.

Dari ke-4 upaya diatas ada upaya pokok yang harus dimiliki dan lakukan yaitu:

1. Niat atau tekat yang kuat.
2. Doa yang tak pernah putus.
3. Modal yang sesuai.
4. Relasi dengan wirausahawan lain.

Peluang sangat terbuka untuk berwirausaha di bidang IT.


Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa dengan adanya kemajuan Teknologi Informasi akan meningkatkan dan menggeser banyak pekerjaan.

"Perkembangan Teknologi Informasi akan menghilangkan beberapa pekerjaan, tetapi akan muncul pekerjaan-pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada"

Dan ini sudah jelas terbukti berdasarkan data pengangguran pada Agustus 2019 yang dirilis 05 November 2019 oleh Badan Pusat Statistik di mana "jumlah pengangguran mengalami penurunan sejak tahun 2015-2019, pada Agustus 2019 menjadi 5.26% dibandingkan tahun lalu sebesar 5.34%", terserap di bidang usaha IT.


Ayo, mari berwirausaha di bidang IT, membangun sukses diri dengan menyiapkan lapangan pekerjaan.



Penulis
Dewi Sinta Saputri Mahasiswa semester 4 Jurusan Sistem Informasi STMIK Royak Kisaran.

Referensi:
Materi kelompok 1 Kewirausahaan Teknologi Informasi semester atas kelas F, STMIK Royal Kisaran 2020.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

http://gracedesigeoloni.blogspot.com/2016/09/peluang-usaha-di-bidang-ti.html?m=1

https://www.uc.ac.id/library/teknologi-penyebab-angka-pengangguran-tinggi/

https://m.money.id/inspiratory/deretan-pengusaha-muda-sukses-di-bidang-it-160530o/deretan-pengusaha-muda-sukses-di-bidang-it.html