Demo Anti Pemerintahan Iran

Demo Anti Pemerintahan Iran

Demo Anti Pemerintahan Iran


Sebuah demonstrasi di dekat Universitas Teheran di ibukota Iran [Reuters]. Al Jazeera
Protes anti-pemerintah berlanjut untuk hari ketiga berturut-turut di sejumlah kota di Iran, meskipun ada pejabat yang meminta warga untuk menghindari "pertemuan ilegal".

Dipicu oleh kemarahan atas ekonomi Iran yang sedang sakit, demonstrasi telah mendapat momentum dan digambarkan sebagai yang terbesar dalam hampir satu dekade.

Di ibukota, puluhan siswa pada hari Sabtu meneriakkan slogan anti-pemerintah di luar Universitas Teheran, sebelum dibubarkan oleh polisi anti huru hara dan kerumunan besar demonstran pro-pemerintah.

Video yang diposkan di Twitter oleh Pusat Hak Asasi Manusia yang berpusat di New York di Iran tampaknya menunjukkan peralatan anti huru hara polisi ketika terjadi bentrok dengan para pemrotes di luar gerbang menuju Universitas Teheran. Video kedua menunjukkan jalan yang diselimuti asap, yang konon dari gas air mata, di daerah yang sama.

Al Jazeera tidak bisa mengotentikasi rekaman tersebut, namun kantor berita semi-negara Fars juga melaporkan adanya konfrontasi antara polisi dan pemrotes di Universitas Teheran.

Demikian laporan Al Jazeera delapan jam lalu. Selengkapnya tinjau di:

http://www.aljazeera.com/news/2017/12/trump-warns-iran-world-watching-rare-protests-171230073658110.html