Digital Industry as a Chance in Business

Digital Industry as a Chance in Business

Digital Industry as a Chance in Business

Digital Industry as a Chance in Business



Membangun sebuah bisnis kini sangat mudah dengan menyesuaikan kemampuan dan modal kita.

Apalagi dunia bisnis di era millineal ini didukung penuh oleh dunia digital. Dunia digital menguasai seluruh sektor yang dapat menghubungkan manusia satu dengan lainnya, maka akan sangat memudahkan para pebisnis untuk menemukan peluang bisnis.

Memanfaatkan digital belum tentu cukup lho, untuk menancapkan sebuah bisnis di era digital ini, intuisi dan kejelian melihat peluang juga harus dimiliki sebagai basic skill.

Perencanaan yang matang juga harus dipersiapkan sebelum membangun sebuah bisnis.

Bidang- bidang bisnis yang bisa memanfaatkan dunia digital contoh nya dalam bidang pertanian yaitu “Purotani”. Purotani merupakan toko online pertanian Indonesia yang memanfaatkan dunia digital sebagi peluang atau kesempatan dalam membangun sebuah bisnis.

Dan bidang lainnya seperti perdagangan online yang kini sangat sangat memudahkan dan membantu seperti contohnya Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shoppee dll.

Namun seberapa pun kuatnya dunia digital menyokong bisnis jika tidak di-manage dengan baik akan mengalami kegagalan dalam berbisnis.

Berikut adalah faktor- faktor penyebab kegagalan dalam berbisnis, yaitu;

1. Tidak ada Perencanaan.

Tidak adanya perencanaan yang matang dan juga persiapan untuk langkah-langkah di masa depan bisnis akan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan dalam membangun sebuah bisnis.

2. Tidak melakukan riset.

Tidak melihat bagaimana bentuk lapangan akan sangat mempengaruhi dalam kegagalan menjalankan sebuah bisnis. Tanpa tau bagaimana minat dan pendapat customer sama saja dengan berperang tanpa tau bagaimana kondisi musuh. Itu akan sangat berbahaya.

3. Pemasaran yang lemah.

Maksudnya adalah cara anda mempromosikan produk bisnis ada akan menjadi faktor kegagalan anda dalam berbisnis. Kurang nya dalam mempromosikan produk membuat customer tidak mengetahui keunggulan produk anda.

4. Manajemen keuangan yang buruk.

Jangan sampai anda memiliki manajemen yang buruk dalam menjalankan sebuah usaha. Karna dengan manajemen yang baik, kita bisa mengevaluasi kinerja kita apakah mengalami keuntungan apa kerugian

5. Tidak ada Target.

Dalam membangun sebuah bisnis, biasakan memakai target. Karna jika tidak adanya target dalam menjalankan sebuah bisnis makan apa yang akan dicapai. Tidak ada bukan. Maka tentukan target target apa yang harus dicapai.


“Information technology and business are becoming inextricably interwoven. I don’t think anybody can talk meaningfully about one without the talking about the other.”
— Bill Gates

Memulai bisnis tidak seperti bertaruh. Bisnis adalah pilihan, dan menjadi keputusan terbaik.

Sekali pun kamu merugi, itu adalah pelajaran berharga. Dan jika pun berhasil, ada pelajaran untuk berkembang dan menjadi sukses lagi.

Kerja keras bagian dari ikhtiar, dan bertawakal lah akan hasil akhirnya.



Khairunnisa
Mahasiswi semester 4 Sistem Informasi
STMIK Royal Kisaran

Referensi:
Makalah Kelompok 1
https://isometric.online/
https://www.wordsmile.com/kata-mutiara-bahasa-inggris-bisnis-usaha-business-2