Ketua DPRDSU Utamakan Kemajuan Kab Kota

Ketua DPRDSU Utamakan Kemajuan Kab Kota

Ketua DPRDSU Utamakan Kemajuan Kab Kota

Baskami Dorong Pemprov Utamakan Penyaluran DBH Demi Kemajuan Kabupaten/Kota
 
Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting mendorong pemerintah provinsi untuk mengutamakan penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH) demi kemajuan kabupaten/ kota yang ada di Sumatera Utara. 
 
Hal tersebut disampaikan Baskami tatkala melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai, Kamis (2/11/2024). 
 
Politisi PDI Perjuangan tersebut, menyampaikan, setiap kabupaten/kota memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam optimalisasi anggaran yang dimilikinya. Oleh karenanya, diharapkan pembagian DBH oleh pemerintah provinsi, dapat mempercepat proses pembangunan di daerah. 
 
"Saya berharap Pemprov Sumut menyalurkan DBH kepada kabupaten/kota secara tepat waktu dan juga menghindari terjadinya defisit anggaran yang belum dibagikan kepada pemerintah kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Sumut," katanya. 
 
 
Baskami menjelaskan, Dana Bagi Hasil (DBH) yang dialokasikan kepada pemerintah kabupaten/kota ini, merupakan dana yang bersumber dari pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 
 
 
"Di mana, penyaluran DBH kepada pemerintah daerah dilaksanakan berdasarkan realisasi penerimaan pajak yang dipungut oleh Pemerintah Provinsi pada tahun anggaran berjalan," tambahnya. 
 
 
 
Dana tersebut,lanjut Baskami didapat dari pajak yang dipungut oleh Pemerintah Provinsi terdiri atas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). 
 
"Juga Pajak Alat Berat (PAB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Air Permukaan (PAP) dan Pajak Rokok," tambahnya. 
 
Pantauan lapangan, Baskami diterima langsung oleh Bupati Sergai Darma Wijaya, Sekda Sergai Muhamad Faisal Hasrimy beserta jajaran.
 
Lebih lanjut Baskami menuturkan, perlunya penguatan sinergitas dan hubungan antar lembaga di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. 
 
"Harmonisasi dan penguatan sinergitas ini kita perlukan demi mensukseskan pembangunan Sumut ke depan," pungkasnya.(mzz)