Kokoh Di Dalam Dan Keluar

Kokoh Di Dalam Dan Keluar

Kokoh Di Dalam Dan Keluar

Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945 dibangun di atas landasan Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia yakni Pancasila sebagai mana termuat di Pembukaan UUD 1945.


Dalam kaitan itu wujud Pancasila sebagai Dasar Negara ditempatkan pada hukum nasional di mana Pancasila merupakan Sumber Dari Segala Sumber Hukum. 

Dengan demikian Pancasila menjadi tuntunan bagi seluruh bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara atau Pancasila adalah Pandangan Hidup bangsa Indonesia. 

Hal ini perlu diingatkan tanpa henti kepada kita semua khususnya generasi muda bahwa era globalisasi mendorong tiap bangsa dan negara untuk meningkatkan kedudukan, peran dan fungsi dalam tatanan pergaulan dunia di mana Pancasila merupakan pedoman yang harus kokoh dihayati dan diamalkan agar tetap aman dan nyaman menghadapi era global. 

Artinya Pancasila adalah falsafah hidup yang terbuka menjadi penyaring yang ampuh dan efektif dalam merespon dan menerima nilai nilai dari luar bahkan Pancasila justru memiliki sifat universal. 

Bangsa Indonesia harus berkomitmen mempedomani Pancasila dalam tata pergaulan dunia sekaligus wajib aktif mempengaruhi pergaulan dunia itu dengan nilai nilai Pancasila antara lain mengembangkan missi memelihara perdamaian dunia. 

Di samping kedudukan sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup bangsa Indonesia, fungsi Pancasila harus jelas antara lain dalam Kepribadian tiap bangsa Indonesia di mana nilai Pancasila teraplikasi dalam sikap mental yang mendalam akan terlihat pada prilaku dan perbuatan tiap bangsa Indonesia, sehingga nilai nilai Pancasila menjadi bagian tak terpisahkan dari moral dan jiwa, karena fungsi Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia dan falsafah hidup yang mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. 

Tiap pribadi, juga rumah tangga, organisasi, tim, kelompok, bangsa dan negara manapun pasti memiliki tujuan, harapan, cita cita. Begitu pula bangsa dan negara Indonesia menuju cita cita nasionalnya dengan ideologi Pancasila. 

Dalam tata pergaulan dunia yang semakin bebas, kemajuan tehnologi meningkat dan meluas di segala sendi, kompetisi ekonomi semakin ketat dan beragam barang tentu telah dan akan terus mengetatkan persaingan politik, baik dalam tata pergaulan dunia maupun dalam negri. 

Pancasila akan menjadikan bangsa dan negara Indonesia tetap eksis dalam tatanan pergaulan dunia, sekaligus aktif memelihara kedamaian dunia, di saat yang sama Pancasila akan tetap menjadi pemersatu atau ikatan yang kokoh dalam internal bangsa dan negara Indonesia yang heterogen agama, suku, adat budaya dalam bentangan kepulauan nusantara nan indah, subur dan permai ini. 

Kita punya Pancasila, jangan sekedar memiliki, ayo hayati dan amalkan.