Merah Putih Berkibar Di Sabah Malaysia

Merah Putih Berkibar Di Sabah Malaysia

Merah Putih Berkibar Di Sabah Malaysia

Gelar HUT RI Ke 75
Konjend RI Kota Kinabalu
Ikuti Arahan SOP Malaysia


Kota Kinabalu, Malaysia (17/8): Sebagai puncak rangkaian kegiatan peringatan dan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, KJRI Kota Kinabalu menyelenggarakan upacara bendera bertempat di halaman kantor KJRI Kota Kinabalu, Senin 17 Agustus 2020.

Upacara diikuti oleh tidak kurang dari 50 peserta terdiri dari para staf KJRI Kota Kinabalu, ILO TNI, para guru dan siswa Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK).

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Krishna Djelani. Sedangkan pemimpin upacara oleh Mayor Infantri Aditya Susanto, Perwira Liason Officer TNI di Kota Kinabalu.

Sementara itu, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) terdiri dari 3 orang siswa SIKK bertugas melakukan pengibaran bendera pada upacara peringatan detik-detik proklamasi ini.

Mendukung upaya pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan di situasi normal baru ini, KJRI Kota Kinabalu membatasi peserta kegiatan upacara hanya diikuti oleh staf KJRI Kota Kinabalu dan petugas upacara.


Adapun untuk mewadahi antusiasme WNI di Sabah untuk turut serta dalam upacara, Panitia HUT ke-75 Kemerdekaan RI KJRI Kota Kinabalu juga telah menyiarkan secara live streaming dan me-relayed peringatan upacara di kanal facebook dan Instagram.

Usai upacara, perayaan HUT RI dilanjutkan dengan tasyakuran, yaitu “pemotongan kue” sebagai simbol ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia di usia ke 75 tahun ini dan berharap Indonesia dapat terus maju menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

Berbeda dari perayaan di tahun-tahun sebelumnya, pada perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI kali ini, peserta upacara berkumpul mengenakan pakaian adat nasional untuk menyaksikan kegiatan Upacara Bendera di Istana Negara secara live streaming melalui kanal zoom Sekretariat Presiden.

Upacara peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI yang juga diliput oleh media cetak dan elektronik setempat, berjalan dengan lancar dan khidmat.


Langit Kota Kinabalu yang cerah pagi itu diiringi alunan lagu-lagu nasional yang dibawakan tim Aubade SIKK menambah suasana upacara menjadi lebih bergairah.

Sebelumnya, sebagai rangkaian peringatan dan perayaan HUT RI, pada tanggal 14 Agustus 2020 KJRI Kota Kinabalu telah menggelar lomba menggambar dan melukis tingkat SD dan SMP serta menulis cerpen tingkat SMA/SMK yang diikuti oleh 77 peserta didik SIKK dan Community Learning Center (CLC) yang diumumkan langsung oleh Konjen RI usai upacara pengibaran bendera.

Acara perayaan juga diisi dengan hiking oleh keluarga besar KJRI Kota Kinabalu di Bukit Botak Kota Kinabalu dengan menempuh perjalanan selama 1 jam 15 menit setinggi 250 mdpl pada 15 Agustus 2020.

Saat diwawancarai oleh media setempat usai upacara penaikan bendera, Konjen RI Kota Kinabalu, Krishna Djelani, menyampaikan bahwa pada bulan Agustus ini merupakan bulan yang berharga bagi Indonesia dan Malaysia. “Karena pada bulan Agustus, seluruh rakyat Indonesia dan Malaysia sama-sama merayakan hari kemerdekaannya,” jelas Konjen.

Sejalan dengan tema peringatan yaitu “Indonesia Maju”, Konjen Krishna mengajak seluruh WNI di Sabah untuk menghayati peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dengan terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta terus mentaati protokol kesehatan untuk mencapai kemajuan SDM yang unggul menuju Indonesia maju di normal baru. “Kami mengajak seluruh warga negara Indonesia yang ada di Sabah untuk menyesuaikan diri dengan situasi normal baru disertai kesadaran menjaga kesehatan dan kebersihan”, imbuh Konjen Krishna.

Menutup pernyataan pers, Konjen RI Kota Kinabalu berharap kerjasama bilateral Indonesia dan Malaysia di segala bidang yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang.

Sore harinya, pukul 17.00 waktu setempat, dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera.

#RR