Peran TI Dalam Kewirausahaan

Peran TI Dalam Kewirausahaan

Peran TI Dalam Kewirausahaan

Peran TIDalam Kewirausahaan




Pada hakikatnya setiap manusia memiliki kesempatan untuk mengubah nasibnya. Asalkan manusia tersebut ingin berusaha dengan keras karena manusia mampu bertindak dan melakukan sesuatu yang mendatangkan keuntungan.

Dengan kemauan yang keras untuk menggali segala potensi yang dimiliki semaksimal mungkin dan ide yang kreatif dan berinovasi.
Di era modern saat ini, teknologi internet memang telah telah membuat segudang kemudahan dalam kehidupan manusia.

Khususnya dalam bidang kewirausahaan, kita bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah dalam berwirausaha. Sejak manusia bisa berkomunikasi atau mendapatkan informasi melalui smartphone, perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini adalah internet, karena dengan ini komunikasi menjadi lebih cepat.

Memanfaatkan teknologi ini juga sebagai bantuan untuk berbisnis akan menjadi lebih mudah, karena tidak membuang buang waktu (lebih efisien) dan memberikan banyak manfaat yang lainnya. Selama manusia memiliki hasrat untuk belajar dan belajar, maka perkembangan baru pun akan muncul.

Kemajuan teknologi ini pun juga tidak lepas dari dunia bisnis, banyak orang telah menerapkan berbagai manfaat internet untuk mengolah usaha yang dimilikinya,bahkan juga saat ini ada yang namanya bisnis online atau yang disebut E-Commerce.

E-Commerce ini sendiri pun sebagai media perdagangan bisnis yang menggunakan media internet yang bisa dijangkau oleh semua kalangan, penerapan ini pun juga banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan nasional maupun swasta.

Teknologi informasi inipun juga berpengaruh terhadap pendiri dan pegawai, contohnya dari memberikan laporan, tidak perlu mengirimkan hasil laporan penjualan dengan cara mengirimkan bukti secara manual, melainkan dengan menggunakan email gratis tanpa terhalang waktu dan tempat.

Masalah dalam penerapan informasi ini juga kadang terjadi terjadi penghambat dalam proses komunikasi, kendala tersebut berupa :
1. Struktur komunikasi yang buruk
2. Penyampaian yang lemah
3. Penggunaan media yang kurang pas
Kendala yang bisa saja muncul dalam praktek komunikasi bisnis dengan peranan teknologi informasi dan komunikasi adalah selain masalah infrastruktur sarana dan prasarana, juga masalah ketidakmampuan manusia dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik, juga kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik menjadi hambatan yang seringkali muncul dalam praktek kewirausahaan.

Kekuatan teknologi informasi dalam berwirausaha menurut Eddy Soeryanto Soegoto diantaranya :
- Menyampaikan sejumlah besar informasi
- Menyediakan sebuah jalan pada pasar yang baru
- Mampu meraih timbal balik langsung dari konsumen
- Internet tersedia 24 jam

Kelemahan teknologi informasi dalam berwirausaha sebagai berikut:
- Penipuan menampilkan permasalahan-permasalahan bagi penjual dan pembeli
- Pembelian secara online berfokus pada beberapa konsumen
- Hacking dan virus merupakan ancaman yang selalu ada
- Tidak mungkin mencari konsumen, usahakan konsumen yang datang.

Dalam memulai usaha perlu dimulai dengan tantangan yang berat, meskipun harus tetap bertahan dalam menghadapi banyak tantangan, semua butuh waktu, tidak bisa instan begitu saja.

Mulai dari memikirkan ide awal, mempromosikan usaha tersebut dan lain lain, langkah langkah dalam mempersiapkan kewirausahaan di antaranya:
- Meminta dukungan terutama keluarga dan rekan rekan
- Belajar administrasi
- Menentukan visi misi yang sesuai dengan passion
- Hindari pemikiran dekat dengan kegagalan
- Hitung kebutuhan modal buat usaha
- Pilih waktu untuk memulai
- Lakukan promosi secara tepat
- Memohon dan Berdoa kepada yang maha kuasa.


Dalam mengelola kewirausahaan, Teknologi informasi adalah alat/perangkat yang dapat membantu manusia dalam penyebaran informasi baik dengan cara apapun. Peranan teknologi informasi pada kewirausahaan sangat berperan penting dalam suatu bisnis. Banyak pengalaman yang bisa kita ambil pada perkembangan teknologi informasi.

Kita harus memiliki perencanaan yang matang agar suatu usaha yang akan kita buat dapat berjalan dengan baik.

Seorang wirausaha yang baik juga tidak mudah menyerah dan berfikir bahwa itu tidak akan gagal,jika gagal dia akan belajar lagi dari kegagalannya tersebut, karena dengan niat maka usaha tidak dapat menghianati hasil.

Seperti yang dikatakan Soekarno, bahwa : “Hidup bukanlah tentang ‘Aku Bisa Saja’ namun tentang ‘Aku Mencoba’. Jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran.”


Zulfikar Abdi
18220495, SI4 K, Sistim Informasi,
STMIK ROYAL KISARAN

Referensi:
Diskusi Materi Kelompok 1 Matakuliah Kewirausahaan TI, Semester Atas kelas F

https://sahabatpegadaian.com/
https://wandiparlente.blogspot.co.id/2013/01/peranan-teknologi-informasi-dan.html

https://www.kompasiana.com/jojocibarani/552b85676ea83496038b456e/artikel-kewirausahaan

https://www.academia.edu/33800681
https://lifepal.co.id/