Sinergitas Forkopimda Sumut Pemilu 2024

Sinergitas Forkopimda Sumut Pemilu 2024

Sinergitas Forkopimda Sumut Pemilu 2024

Apel Kesiapan Pemilu 2024, Baskami Tekankan Sinergitas Forkopimda Sumut

Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menekankan pentingnya peran dan sinergitas Forkopimda dalam upaya mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan kondusif.

Hal itu disampaikan Baskami, usai apel Pasukan gabungan satuan TNI, AD, AL dan AU menggelar apel kesiapan pengamanan Pemilu 2024 yang berlangsung di Lapangan Benteng, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (1/2/2024). 

"Saya kira sinergitas sangat penting, agar nantinya kita mamou menyukseskan pemilu ini dengan demokratis," katanya. 

Baskami mengatakan, TNI memiliki peran strategis dalam menjaga kelancaran dan keamanan pelaksanaan pemilu dalam menghadapi tugas pengamanan pemilu.

”Tantangan yang dihadapi tidak mudah. TNI saya kira, akan senantiasa menjaga netralitas, profesionalitas dan integritas. Kita percaya, TNI mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, serta menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan bangsa, dibanding hanya kepentingan satu golongan," ucapnya. 

Baskami mengingatkan, oknum-oknum yang ingin memancing di air keruh pada pemilu kali ini. Menurutnya seluruh pihak telah bersiap, menghadapi para pemecah belah bangsa. 

"Tidak ada kata intoleransi, tidak ada isu SARA di sini dan tidak boleh ada politik pecah belah. Bagi kita, sesuai sila ketiga pancasila, persatuan Indonesia yang utama," katanya. 


Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen Mochammad Hasan Hasibuan menyatakan apel kesiapan merupakan bentuk perintah persiapan kepada masing-masing satuan TNI agar menyiapkan seluruh personel maupun alat pengamanan serta alutsista.

"Kita mengadakan apel pengamanan Pemilu tahun 2024. Kita laksanakan bersama dengan seluruh unsur, yakni TNI dan Polri. Kami melaporkan bahwa TNI telah siap untuk mendukung Pemilu berlangsung aman dan kondusif," ucap Mayjen Mochammad Hasan Hasibuan.
 

Mayjen Mochammad Hasan Hasibuan menjelaskan, apel gelar pasukan juga bertujuan untuk meyakinkan kesiapan seluruh prajurit dan jajaran TNI di wilayah Kodam I/BB yang membawahi empat provinsi yakni Sumut, Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau.

Mayjen Mochammad Hasan Hasibuan menyampaikan wilayah Kodam I/Bukit Barisan akan melakukan pengamanan di 88724 TPS di empat Propinsi. Dimana 45875 TPS diantaranya berada di Sumatera Utara dan Kodam I/Bukit Barisan telah menyiapkan sebanyak 15 ribu personel TNI.

“Jumlah total Pengamanan di wilayah Kodam I/BB sebanyak 88724 TPS, Sumatera Utara ada 45875 TPS dan sebanyak 15 ribu personel TNI,” lanjut Pangdam.(MZZ)