Suku Sasak Bertahan Di Modernisasi, MotoGP Mandalika

Suku Sasak Bertahan Di Modernisasi, MotoGP Mandalika

Suku Sasak Bertahan Di Modernisasi, MotoGP Mandalika

Guntur Selo Samudra, 2011,bersama Suku Sasak di Sade. 


Indonesia merupakan salah satu surganya wisata alam yang tak bisa dipandang sebelah mata oleh dunia. Sektor wisata merupakan salah satu industri yang dapat diunggulkan secara skala nasional mulai dari keanekaragaman suku yang ada di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dari budaya, sejarah, adat istiadat , kepercayaan serta keindahan alam lainnya. 



Salah satu suku yang ada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat memiliki keunikan tersendiri di tengah gerusan modernisasi yang melaju untuk pembangunan. 
Suku Sasak, Sade, Senggigi, Gili Trawangan dan Mandalika



Ya... Suku Sasak, suku asli yg bermukim di desa Sade Lombok tengah mampu bertahan di tengah arus Globalisasi. Mereka mendiami sebuah desa yang bernama Sade, satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak Sade nya hingga terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Lombok.

Sade dalam bahasa suku Sasak berarti obat atau kesadaran. Menilik beberapa model rumah Sade ini memiliki atristik yang berbeda beda mulai dari bale tani, bale bonter, bale kodong yang masing masing berbeda sesuai fungsinya. 

Bentuk rumah Sade pun masih sangat sederhana, beratapkan ilalang, berdinding anyaman bambu dan lantainya dibuat dari campuran tanah liat serta kotoran kerbau dan sekam padi yang memiliki tujuan tertentu. 

Dalam kehidupan, untuk menopang hidup, Masyarakat Suku Sade banyak yang bertani, sedangkan untuk para ibu atau wanita lebih memilih untuk bertenun serta menjadi pengrajin.

Selain budaya, Lombok menyimpan banyak potensi wisata mulai dari keindahan alamnya yang terbentang luas. Seperti pantai Senggigi, yang memiliki pulau pulau kecil yang eksotis dari gili Trawangan, gili air, gili meno dan konon disana masih banyak lokasi lokasi pulau yang belum terjamah atau di ekplorasi untuk tempat wisata. Selain itu ada juga Bendungan Sesaot, Taman Narmada serta area surfing yaitu Bangko-Bangko di mana wisatawan dapat dimanjakan oleh keindahan alam nya. 

Untuk destinasi wisata paling baru yang secara resmi dukungan pemerintah terhadap pengembangan pariwisata didalam negeri adalah dengan dibuatnya sirkuit Mandalika. Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menegaskan dukungannya terhadap pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) The Mandalika, khususnya dalam menyambut pagelaran MotoGP di The Mandalika 2021. Target dari Pemerintah adalah
mewujudkan sektor pariwisata sebagai industri unggulan nasional melalui pengembangan kawasan dan atraksi pariwisata kelas dunia (MotoGP Mandalika 2021)

*?Guntur Selo Samudra