Transformasi Digital Wujudkan Keunggulan Ekonomi Sumut

Transformasi Digital Wujudkan Keunggulan Ekonomi Sumut

Transformasi Digital Wujudkan Keunggulan Ekonomi Sumut

Baskami : Upaya Digitalisasi Demi Dorong Keunggulan Ekonomi Sumut


Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting mendorong upaya transformasi digital dalam mewujudkan keunggulan ekonomi Sumut demi mencapai kesejahteraan masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Baskami kepada awak media usai mengikuti Forum Group Discussion (FGD) 'Strategi Transformasi Digital untuk Pengendalian Inflasi dalam mewujudkan Ketahanan Nasional', di Gedung Aula Rajainal Siregar, Jumat (2/2/2024). 

Baskami mengatakan, transformasi digital harusnya tidak hanya meliputi pelayanan publik saja, akan tetapi juga harus meliputi, pertanian, UMKM, pendidikan, kesehatan, logistik dan pariwisata. 


"Sehingga selain sebagai akselerator dan fasilitator, juga pemanfaatan teknologi digital guna mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital dan pembangunan human capital di Sumut," katanya. 


Baskami mengatakan, potensi pertanian, perikanan, perkebunan yang besar harus terintegrasi dengan transformasi digital. 

"Sehingga dengan upaya itu, efisiensi dan efektifitas bahan baku dapat dilakukan dan juga mendorong tingkat produktifitas serta penetrasi di pasar," tambahnya. 

 Di bidang UMKM misalnya, menurut Baskami, digitalisasi mampu memperbesar skala ekonomi UMKM, menambah varian dan kontinuitas produk, serta emperluas akses pembiayaan.
 
"Pariwisata kita juga harusnya menggeliat dengan adanya transformasi digital yang berkelanjutan ini, mengingat Sumut memiliki banyak destinasi wisata super prioritas," ungkapnya. 

Pantauan lapangan, acara tersebut dihadiri oleh Pj Gubernur Sumut Hasanuddin, Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah dan jajaran OPD. 


Plt Gubernur Lemhanas RI, Laksdya TNI Maman Firmansyah mengatakan, transformasi digital juga untuk mewujudkan konektivitas antar daerah di Sumatera Utara. 

"Misalnya ada satu daerah di Sumut mengalami over supply kompditas cabai, sementara yang lain mengalami kelangakaan cabai, maka dengan konektivitas itu, masalah cabai bisa ditindaklanjuti," jelasnya. 

Menurut Plt Gubernur Lemhannas RI, untuk mencapai transformasi digital maka pembangunan harus dilakukan beriringan. Di saat bersamaan harus bisa mengadopsi teknologi dan menyiapkan Sumber Daya Manusia.


"Juga hal yang paling penting adalah konsensus kita dalam menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI," pungkasnya.(MZZ)