Wirausahawan Pantang Mundur

Wirausahawan Pantang Mundur

Wirausahawan Pantang Mundur

Wirausahawan Pantang Mundur

Pada masa sekarang pengusaha atau pebisnis merupakan hal biasa terdengar dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, tidak jarang terdengar bahwa pengusaha adalah sesuat hal yang sulit untuk dilakukan. Ketika mendengar kata ‘’pengusaha/usaha” yang sering terlintas adalah modal yang besar, sulitnya persaingan, hingga bayangan kebangkrutan.

Hal ini terjadi karena banyaknya opini-opini atau berita yang beredar di masyarakat tanpa penjelasan serta bukti di dalamnya. Akhirnya banyak orang yang takut akan kemungkinan-kemungkinan tersebut lantas ragu untuk melanjutkan keinginan menjadi pengusaha.
Sebenarnya memulai usaha tidak selamanya berpatokan pada modal besar. Usaha bisa dimulai menggunakan modal yang relatif kecil, namun tetap dengan niat,tekad dan doa serta dibarengi dengan tanggung jawab penuh dalam menjalankan usaha tersebut.
Pada era modern seperti sekarang, perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat juga membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Teknologi informasi memiliki fungsi untuk membantu meringankan tugas atau mempermudah pekerjaan manusia.

Teknologi informasi juga sudah mulai banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan seperti dalam bidang sosial,budaya,pendidikan, serta ekonomi masyarakat. Teknologi informasi sudah menjadi bagian dalam kehidupan serta kebutuhan pokok masyarakat saat ini.
Pada saat ini teknologi informasi dimanfaatkan dalam membangun bisnis yang cukup menjanjikan. Contoh nyata dari penggunaan teknologi informasi dalam membangun bisnis atau usaha yaitu maraknya bermunculan pedagang online atau bisnis online shop.

Kenapa harus online shop? Karena bisnis ini memberikan banyak kemudahan untuk para pembeli.
Kemudahan yang di berikan dalam bisnis online shop untuk pembeli yaitu:
• Berbelanja lebih sederhana dan praktis
• Tidak perlu pergi ke toko untuk belanja
• Berbelanja bisa dimana saja dan juga bisa sambil melakukan pekerjaan lain
• Proses transaksi lebih mudan dan aman.
• Dapat memilih banyak barang sesuai kebutuhan dan keinginan.

Data di Kominfo menunjukkan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya.

Jumlah ini berkisar 8 persen dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta”.

Dalam data tersebut Teknologi informasi yang dimanfaatkan dalam bisnis atau usaha dapat meningkatkan perekonomian masyarakat secara tidak langsung. Dan jika hal ini terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin perekonomian masyarakat akan terus membaik. Dan juga berdampak sangat baik dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam membangun bisnis atau usaha, seorang tidak mungkin menjalani bisnis yang mulus-mulus saja, pasti akan mengalami pasang surut dalam prosesnya. Ini merupakan hal yang lumrah dialami setiap pengusaha.

Maka yang harus dilakukan yaitu mengatasi masalah yang sedang terjadi dengan berbagai cara dan inovasi agar usaha atau bisnis tersebut bisa bertahan dan bisa terus maju untuk mencapai tujuan dan mendapat keuntungan yang besar.

“Semangat pantang mundur” adalah hal yang harus ditanamkan pada diri setiap pebisnis atau pengusaha, serta terus berdoa agar segala hal yang dilakukan lancar mendapat berkah dari Allah SWT.

Tria Purnamika Putri
18220491
Semester 4, Sistem Informasi
STMIK Royal Kisaran 2020

Referensi :
https://inibabad.com/data/content/ri0bILpP0goS_1QzO0bXK4bKrWaSMlF3YnNnOOLa9Fw#.Xow64hkYcyE.whatsapp

https://kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media

https://www.krjogja.com/angkringan/opini/membangun-kewirausahaan-digital/